Kamis, 10 Juli 2014

Kesehatan Mental (Mengarahkan Perubahan Diri) Nursila Raisamatari (15512518)



Mengarahkan Perubahan Diri 
 
Contoh Kasus
Orang yang mempunyai trauma kasus bullying dan ingin menghilangkan trauma itu dapat melakukan beberapa pengarahan tentang perubahan diri, diantaranya adalah:

1.     Meningkatan kontrol diri
Lebih ke bagaimana seseorang dapat mengontrol emosi terhadap penyebab-penyebab timbulnya trauma baik itu faktor eksternal maupun internal.
Contoh: Ketika orang yang mempunyai trauma dihadapkan dengan perkataan dan perbuatan yang menjurus ke arah masa lalunya, maka dia harus dapat bersikap acuh dan tidak memperdulikan keadaan eksternal, jangan dimasukkan ke dalam hati lalu sebisa mungkin anggap itu sebuah lelucon.

2.    Menetapkan Tujuan
Membuat program perbaikan diri untuk memilih tujuan yang terlalu ambisius atau tidak realistis.
Contoh: Jika orang yang mengalami trauma itu adalah orang yang pendiam dan anti social cobalah buat program agar anda memperbaiki diri menjadi orang yang rame. Harus ambisius menjalani program itu agar dapat cepat segera hilangkan trauma, tidak realistis memang tetapi harus dicoba jalani.

3.    Menyusun konsekuensi yang efektif
Ketika telah menetapkan tujuan maka harus mempunyai konsekuensi misalnya jika konsekuensi itu tidak dijalankan maka harus adanya reinforcer.
Contoh: Ketika seseorang itu gagal untuk bersikap menjadi orang yang rame maka ia akan menghukum dirinya sendiri agar ketika dihadapkan suatu masalah dia akan konsekuen dengan tujuan awalnya. 

4.    Evaluasi
Akan ada hari yang baik dan buruk ketika melakukan self-impovement (perbaikan diri sendiri). Sering sekali orang-orang cenderung meremehkan peningkatan mereka dikarenakan tidak secepat yang mereka inginkan. Beberapa perubahan dalam perilaku terjadi secara berangsur-angsur dan memerlukan kesabaran yang besar. Ketika peningkatan mereka megecewakan, ada beberapa hal yang menjadi kesalahan. Yang paling sering dikarenakan kekurangan sasaran perilaku yang di tetapkan, kesalahan dalam catatan, atau gagal dalam menggunakan reinforcement dengan benar
Contoh: Catat semua perubahan diri dari mulai kamu berusaha. Usahakan untuk terus berusaha seperti yang diinginkan agar dapat berhasil jika usahamu gagal cobalah untuk merenung dimana letak kesalahannya dan ketika usahamu berhasil namun belum maksimal tingkatkan semua dengan kunci ambisius yang tidak realistis itu


Nursila Raisamatari
15512518
2PA03
Dosen: Ibu Lidya Catrunnada

0 komentar:

Posting Komentar

 

All About Psychology Template by Ipietoon Cute Blog Design