Tugas 6 dan Tugas 7
(TEORI – TEORI LEADERSHIP)
1.
Definisi
Leardership (kepemimpinan)
Kepemimpinan adalah sebuah proses
mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi secara suka
rela (Gardner, 2000).
Bahkan menurut Gemmil dan Oakley (1992)
kepemimpinan adalah sebuah proses kerjasama antara anggota organisasi dalam
merumuskan metode baru untuk meningkatkan kualitas organisasi.
Fulan (2000) berpendapat bahwa kepemimpinan
adalah suatu proses untuk mempengaruhi anggota organisasi lainnya untuk
mencapai tujuan yang sudah dirumuskan oleh pemimpin dan anggota organisasi
lainnya. Ini artinya bahwa kepemimpinan bukan hanya didefinisikan dari sudut
jabatan, tapi lebih tepatnya, kepemimpinan ini adalah kemampuan seseorang untuk
mempengaruhi orang lain tanpa paksaan untuk mencapai sesuatu yang sudah
dirumuskan sebelumnya oleh anggota organisasi.
2.
Teori-teori
Kepemimpinan Partisipatif
A.
Teori X
dan Teori Y (DOUGLAS MC GREGOR)
Douglas
McGregor telah merumuskan dua model yang dia sebut Teori X dan Teori Y.
1)
Asumsi teori X yaitu rata-rata
manusia memiliki bawaan tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindarinya jika
dia bisa.
a.
Karena mereka tidak suka bekerja,
kebanyakan orang harus dikontrol dan terancam sebelum mereka akan bekerja cukup
keras.
b.
Manusia rata-rata lebih suka
diarahkan, tidak menyukai tanggung jawab, adalah jelas, dan keinginan keamanan
di atas segalanya.
c.
Asumsi ini terletak di belakang hari
ini sebagian besar prinsip-prinsip organisasi, dan menimbulkan baik untuk
"sulit" manajemen dengan hukuman dan kontrol ketat, dan
"lunak" manajemen yang bertujuan untuk harmoni di tempat kerja.
d.
Kedua ini adalah "salah"
karena pria perlu lebih dari imbalan keuangan di tempat kerja, dia juga
membutuhkan motivasi lebih dalam tatanan yang lebih tinggi - kesempatan untuk
memenuhi dirinya sendiri.
e.
Teori X manajer tidak memberikan
kesempatan ini staf mereka sehingga karyawan diharapkan berperilaku dalam mode.
2)
Teori Y Asumsi
a.
Pengeluaran upaya fisik dan mental
dalam bekerja adalah sebagai alam seperti bermain atau istirahat.
b.
Pengendalian dan hukuman bukan
satu-satunya cara untuk membuat orang bekerja, manusia akan mengarahkan dirinya
sendiri jika ia berkomitmen untuk tujuan organisasi.
c.
Kalau suatu pekerjaan memuaskan,
maka hasilnya akan komitmen terhadap organisasi.
d.
Pria belajar rata-rata, di bawah
kondisi yang tepat, tidak hanya untuk menerima tetapi mencari tanggung jawab.
e.
Imajinasi, kreativitas, dan
kecerdikan dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah kerja dengan
sejumlah besar karyawan.
f.
Di bawah kondisi kehidupan industri
modern, potensi intelektual manusia rata-rata hanya sebagian dimanfaatkan.
3)
Komentar Teori X dan Teori Y Asumsi
Asumsi ini didasarkan pada
penelitian ilmu sosial yang telah dilakukan, dan menunjukkan potensi yang ada
dalam manusia dan organisasi yang harus mengakui untuk menjadi lebih efektif.
Mc Gregor melihat kedua teori sebagai dua sikap yang cukup terpisah. Teori Y
adalah sulit untuk mempraktekkan di lantai toko di operasi produksi massa yang
besar, tetapi dapat digunakan pada awalnya dalam mengelola manajer dan
profesional.
Dalam "The Human Side of
Enterprise" McGregor menunjukkan bagaimana Teori Y mempengaruhi
pengelolaan promosi dan gaji dan pengembangan manajer yang efektif. McGregor
juga melihat Teori Y sebagai kondusif untuk pemecahan masalah partisipatif. Ini
adalah bagian dari tugas manajer untuk menjalankan kekuasaan, dan ada
kasus-kasus di mana ini adalah satu-satunya metode untuk mencapai hasil yang
diinginkan karena bawahan tidak setuju bahwa tujuan yang diinginkan.
Situasi di mana karyawan dapat
dikonsultasikan adalah salah satu di mana individu-individu secara emosional
matang, dan termotivasi secara positif terhadap pekerjaan mereka; di mana
pekerjaan cukup bertanggung jawab untuk memungkinkan fleksibilitas dan di mana
karyawan dapat melihat dia atau posisinya sendiri dalam hierarki manajemen.
Jika kondisi ini hadir, manajer akan menemukan bahwa pendekatan partisipatif
untuk pemecahan masalah menimbulkan hasil jauh lebih baik dibandingkan dengan
pendekatan alternatif membagikan perintah otoriter.
Setelah manjemen menjadi yakin bahwa
itu adalah dibawah memperkirakan potensi sumber daya manusia, dan menerima
pengetahuan yang diberikan oleh para peneliti ilmu sosial dan ditampilkan dalam
asumsi-asumsi teori Y, makan dapat menginvestasikan waktu, uang dan usaha dalam
mengembangkan aplikasi meningkat dari teori.
B.
Teori
Sistem 4 dari Rensis Likert
1)
Manajemen Sistem
Tahun 1960-an Likert dikembangkan
empat sistem manajemen yang menggambarkan hubungan, keterlibatan, dan peran
antara manajemen dan bawahan dalam pengaturan industri.Keempat sistem adalah
hasil dari penelitian bahwa ia telah dilakukan dengan sangat produktif
supervisor dan anggota tim mereka Perusahaan Asuransi Amerika. Belakangan, ia
dan Jane G. Likert merevisi sistem berlaku untuk pengaturan pendidikan. Mereka
awal revisi itu dimaksudkan untuk menjelaskan peran kepala sekolah, siswa, dan
guru; akhirnya individu-individu lain di dunia akademik dimasukkan seperti
pengawas, administrator, dan orangtua.
2)
Eksploitatif sistem otoritatif
Dalam jenis sistem manajemen tugas
pegawai / bawahan adalah untuk mematuhi keputusan yang dibuat oleh manajer dan
mereka yang memiliki status yang lebih tinggi daripada mereka dalam organisasi.
Bawahan tidak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Organisasi yang
bersangkutan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan. Organisasi akan menggunakan
rasa takut dan ancaman untuk memastikan karyawan menyelesaikan pekerjaan
ditetapkan. Tidak ada kerja tim yang terlibat.
3)
Kebajikan sistem otoritatif
Seperti halnya dalam sebuah sistem
berwibawa eksploitatif, keputusan dibuat oleh orang-orang di bagian atas
organisasi dan manajemen. Namun termotivasi karyawan melalui penghargaan (untuk
kontribusi mereka) daripada ketakutan dan ancaman. Informasi dapat mengalir
dari bawahan kepada manajer tetapi terbatas pada "manajemen apa yang ingin
dengar".
4)
Sistem konsultatif
Dalam jenis sistem manajemen,
bawahan termotivasi oleh penghargaan dan tingkat keterlibatan dalam proses
pengambilan keputusan. Manajemen konstruktif akan menggunakan bawahan mereka
ide-ide dan pendapat. Namun keterlibatan tidak lengkap dan keputusan besar
masih dibuat oleh manajemen senior. Ada aliran informasi yang lebih besar
(daripada dalam sistem berwibawa murah hati) dari bawahan kepada manajemen.
Meskipun informasi dari bawahan kepada manajer tidak lengkap dan eufimistis.
5)
Partisipatif (kelompok) system
Manajemen sepenuhnya percaya pada
bawahan / karyawan. Ada banyak komunikasi dan bawahan sepenuhnya terlibat dalam
proses pengambilan keputusan. Bawahan nyaman menyatakan pendapat dan ada banyak
kerja sama tim. Tim dihubungkan bersama-sama oleh orang-orang, yang menjadi
anggota lebih dari satu tim. Likert panggilan orang di lebih dari satu kelompok
"menghubungkan pin". Karyawan di seluruh organisasi merasa
bertanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi. Tanggung jawab ini terutama
sebagai bawahan motivasi ditawarkan imbalan ekonomi untuk mencapai tujuan
organisasi yang mereka telah berpartisipasi dalam pengaturan.
C.
Teori of
Leadership Pattern Choice Tannenbaum dan Schmidt
Model
delegasi dan tim pengembangan Tannenbaum dan Schmidt Continuum adalah sebuah
model sederhana yang menunjukkan hubungan antara tingkat kebebasan yang seorang
manajer memilih untuk diberikan kepada tim, dan tingkat kewenangan yang
digunakan oleh manajer. Sebagai kebebasan tim meningkat, sehingga otoritas
manajer berkurang. Ini adalah cara yang positif bagi kedua tim dan manajer
untuk berkembang. Sementara model Tannenbaum dan Schmidt keprihatinan kebebasan
didelegasikan ke grup, Prinsip yang mampu menerapkan berbagai tingkat kebebasan
didelegasikan erat berkaitan dengan 'delegasi tingkat' pada delegasi halaman.
Sebagai seorang manajer, salah satu tanggung jawab Anda adalah untuk
mengembangkan tim Anda. Anda harus mendelegasikan dan meminta sebuah tim untuk
membuat keputusan sendiri untuk berbagai tingkatan sesuai dengan kemampuan
mereka.
Berikut adalah Tannenbaum dan Schmidt Continuum didelegasikan tingkat
kebebasan, dengan beberapa tambahan penjelasan bahwa seharusnya membuat lebih
mudah untuk memahami dan menerapkan.
1)
Manajer memutuskan dan mengumumkan
keputusan.
2)
Manajer memutuskan dan kemudian
'menjual' keputusan untuk kelompok.
3)
Manajer menyajikan latar belakang
keputusan dengan ide-ide dan mengundang pertanyaan.
4)
Manajer menyarankan keputusan
sementara dan mengundang diskusi tentang hal itu.
5)
Manajer menyajikan situasi atau
masalah, mendapat saran, kemudian memutuskan.
6)
Manajer menjelaskan situasi,
mendefinisikan parameter dan meminta tim untuk memutuskan.
7)
Manajer memungkinkan tim untuk
mengidentifikasi masalah, mengembangkan pilihan, dan memutuskan tindakan, dalam
batas-batas yang diterima manajer
.
3.
Modern Choice Approach to Participation
Mitch
Mc Crimmon (2007) menulis bahwa menjadi pemimpin yang partisipatif berarti
melibatkan anggota tim dalam pembuatan keputusan. Hal ini terutama penting
manakala pemikiran kreatif diperlukan untuk memecahkan masalah yang kompleks
atau membuat keputusan yang akan berdampak pada anggota tim. Sedangkan Stogdill
(1974) menyimpulkan bahwa banyak sekali definisi mengenai kepemimpinan. Hal ini
dikarenakan banyak sekali orang yang telah mencoba mendefinisikan konsep
kepemimpinan tersebut. Namun demikian, semua definisi kepemimpinan yang ada
mempunyai beberapa unsur yang sama.
Sarros
dan Butchatsky (1996), “leadership is defined as the purposeful behaviour of
influencing others to contribute to a commonly agreed goal for the benefit of
individual as well as the organization or common good”. Menurut definisi tersebut,
kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai suatu perilaku dengan tujuan tertentu
untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan
bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.
Sedangkan menurut Anderson (1988), “leadership means using power to influence
the thoughts and actions of others in such a way that achieve high
performance”.
Berdasarkan definisi-definisi di
atas, kepemimpinan memiliki beberapa implikasi. Antara lain:
1)
Kepemimpinan berarti melibatkan
orang atau pihak lain atau mempengaruhi orang lain yaitu para karyawan atau
bawahan (followers). Para karyawan atau bawahan harus memiliki kemauan untuk
menerima arahan dari pemimpin dan ikut berpartisipasi guna mencapai tujuan
organisasi atau perusahaan. Walaupun demikian, tanpa adanya karyawan atau
bawahan, kepemimpinan tidak akan ada juga.
2)
Seorang pemimpin yang efektif adalah
seseorang yang dengan kekuasaannya (his or herpower) mampu menggugah
pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan. Menurut French dan Raven
(1968), kekuasaan yang dimiliki oleh para pemimpin dapat bersumber dari:
a.
Reward power, yang didasarkan atas
persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai kemampuan dan sumberdaya untuk
memberikan penghargaan kepada bawahan yang mengikuti arahan-arahan pemimpinnya.
b.
Coercive power, yang didasarkan atas
persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai kemampuan memberikan hukuman bagi
bawahan yang tidak mengikuti arahan-arahan pemimpinnya
c.
Legitimate power, yang didasarkan
atas persepsi bawahan bahwa pemimpin mempunyai hak untuk menggunakan pengaruh
dan otoritas yang dimilikinya.
d.
Referent power, yang didasarkan atas
identifikasi (pengenalan) bawahan terhadap sosok pemimpin. Para pemimpin dapat
menggunakan pengaruhnya karena karakteristik pribadinya, reputasinya atau
karismanya.
e.
Expert power, yang didasarkan atas
persepsi bawahan bahwa pemimpin adalah seeorang yang memiliki kompetensi dan
mempunyai keahlian dalam bidangnya.
Para pemimpin dapat menggunakan bentuk-bentuk kekuasaan atau kekuatan yang berbeda untuk mempengaruhi perilaku bawahan dalam berbagai situasi.
Para pemimpin dapat menggunakan bentuk-bentuk kekuasaan atau kekuatan yang berbeda untuk mempengaruhi perilaku bawahan dalam berbagai situasi.
3)
Kepemimpinan harus memiliki
kejujuran terhadap diri sendiri (integrity), sikap bertanggungjawab yang tulus
(compassion), pengetahuan (cognizance), keberanian bertindak sesuai dengan
keyakinan (commitment), kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain
(confidence) dan kemampuan untuk meyakinkan orang lain (communication) dalam
membangun organisasi. Walaupun kepemimpinan (leadership) seringkali disamakan
dengan manajemen (management), kedua konsep tersebut berbeda.
Perbedaan
antara pemimpin dan manajer dinyatakan secara jelas oleh Bennis and Nanus
(1995). Pemimpin berfokus pada mengerjakan yang benar sedangkan manajer
memusatkan perhatian pada mengerjakan secara tepat (“managers are people who do
things right and leaders are people who do the right thing, “). Kepemimpinan
memastikan tangga yang kita daki bersandar pada tembok secara tepat, sedangkan
manajemen mengusahakan agar kita mendaki tangga seefisien mungkin.
4.
Contigency
Theory Fiedler
Model kontongensi dari kepemimpinan yg efektif dikembangkan oleh fiedler(1967).
Menurut model ini, maka “the performance of the group is contingent upon both
the motivational system of the leader and the degree to which the leader has
control and influence in a particular situation, the situational favorableness
“ (fiedler,1974). Dg kata lain, tinggi rendahnya prestasi kerja satu kelompok
dipengaruhi oleh system motivasi dari pemimpin dan sejauh mana pemimpin dapat
mengendalikan dan mempengaruhi suatu situasi tertentu.
Tanggapan-tanggapan terhadap skala tersebut (biasanya 18-25 total) yang
disimpulkan dan rata-rata: skor LPC tinggi menunjukkan bahwa pemimpin memiliki
orientasi hubungan antar manusia, sedangkan skor LPC rendah menunjukkan orientasi
tugas. Fiedler mengasumsikan bahwa setiap orang yang paling tidak disukai rekan
kerja di Kenyataannya adalah rata-rata sekitar sama-sama tidak menyenangkan.
Tetapi orang-orang yang memang hubungan termotivasi, cenderung untuk
menggambarkan paling tidak disukai rekan kerja mereka dalam cara yang lebih
positif, misalnya, lebih menyenangkan dan lebih efisien. Oleh karena itu,
mereka menerima nilai LPC tinggi. Tugas orang-orang yang termotivasi, di sisi
lain, cenderung untuk menilai paling tidak disukai rekan kerja mereka dalam
cara yang lebih negatif. Oleh karena itu, mereka menerima skor LPC rendah.
Jadi, rekan kerja yang dipilih yang terkecil (LPC) skala ini sebenarnya tidak
tentang pekerja pilihan yang paling tidak sama sekali, sebaliknya, ini adalah
tentang orang yang mengambil tes; ini adalah tentang motivasi orang itu tipe.
Ini sangat, karena, orang yang paling tidak disukai menilai rekan kerja mereka
dalam cahaya yang relatif baik pada skala ini memperoleh kepuasan atas hubungan
interpersonal, dan mereka yang menilai rekan kerja dalam waktu yang relatif
ringan tidak menguntungkan memperoleh kepuasan keluar dari tugas sukses
kinerja. Metode ini mengungkapkan suatu reaksi emosional individu kepada
orang-orang mereka tidak dapat bekerja dengan. Pengkritik menunjukkan bahwa hal
ini tidak selalu akurat pengukuran efektivitas kepemimpinan. Situasi yang
menguntungkan (situational favorableness), yaitu sejauh mana pemimpin dapat
mengendalikan dan mempengaruhi situasi tertentu, ditentukan oleh tiga variable
situasi:
1)
Hubungan pemimpin-anggota (leader
member relations)
Hubungan pribadi pemimpin dengan
anggota kelompoknya.
2)
Struktur tugas (task structure)
Derajat struktur dari tugas yang
diberikan kepada kelompok untuk dikerjakan.
3)
Kekuasan kedudukan ( position
power).
Kekuasaan dan kewewenangan yg
terberikan dari kedudukannya.
Ketika ada seorang pemimpin yang
baik hubungan anggota, tugas yang sangat terstruktur, dan posisi pemimpin yang
tinggi kekuasaan, situasi ini dianggap sebagai "situasi yang
menguntungkan." Fiedler menemukan bahwa para pemimpin LPC rendah lebih
efektif dalam sangat menguntungkan atau situasi yang tidak menguntungkan,
sedangkan para pemimpin LPC tinggi performa terbaik dalam situasi dengan
tingkat favourability.
Karena kepribadian relatif stabil, model kontingensi menunjukkan bahwa
meningkatkan efektivitas memerlukan mengubah situasi agar sesuai dengan
pemimpin. Ini disebut "pekerjaan rekayasa." Organisasi atau pemimpin
dapat meningkatkan atau menurunkan posisi tugas struktur dan kekuasaan, juga
pelatihan dan pengembangan kelompok dapat meningkatkan hubungan
pemimpin-anggota. Dalam buku 1976 Meningkatkan Efektivitas Kepemimpinan: The
Leader Match Konsep Fiedler (dengan Martin Chemers dan Linda Mahar)
mondar-mandir menawarkan diri program pelatihan kepemimpinan yang dirancang
untuk membantu para pemimpin favourableness mengubah situasi, atau situasional
kendali.
1)
Tugas kepemimpinan berorientasi akan
dianjurkan dalam bencana alam, seperti banjir atau api. Dalam situasi yang
tidak menentu pemimpin-hubungan anggota biasanya miskin, tugas terstruktur, dan
kekuasaan posisi lemah. Orang yang muncul sebagai pemimpin untuk mengarahkan
aktivitas kelompok biasanya tidak tahu bawahan secara pribadi. Tugas-pemimpin
yang berorientasi pada hal-hal yang dilakukan akan terbukti menjadi yang paling
berhasil. Jika pemimpin adalah perhatian (berorientasi pada hubungan), mereka
mungkin membuang begitu banyak waktu dalam bencana, bahwa segala sesuatu keluar
dari kehidupan DNS dan hilang.
2)
Pekerja kerah biru pada umumnya
ingin tahu persis apa yang seharusnya mereka lakukan. Oleh karena itu,
lingkungan kerja mereka biasanya sangat terstruktur. Posisi pemimpin kekuasaan
yang kuat jika punggung manajemen keputusan mereka. Akhirnya, meskipun pemimpin
mungkin tidak berorientasi pada hubungan, hubungan pemimpin-anggota mungkin
sangat kuat jika mereka dapat memperoleh promosi dan kenaikan gaji untuk
bawahan. Dalam situasi ini tugas-gaya kepemimpinan berorientasi lebih disukai
di atas (perhatian) gaya berorientasi pada hubungan.
3)
Perhatian (berorientasi pada
hubungan) gaya kepemimpinan dapat tepat dalam lingkungan di mana situasi ini
cukup menguntungkan atau tertentu.
4)
Para peneliti sering menemukan bahwa
teori kontingensi Fiedler yang jatuh pada fleksibilitas pendek.
5)
Mereka juga menyadari bahwa nilai
LPC dapat gagal untuk mencerminkan ciri-ciri kepribadian yang seharusnya mereka
berpikir.
6)
Teori kontingensi Fiedler ini telah
menarik kritik karena menyiratkan bahwa satu-satunya alternatif untuk
ketidaksesuaian dapat diubah orientasi pemimpin dan situasi yang tidak
menguntungkan sedang mengubah pemimpin.
7)
Validitas model juga telah
diperdebatkan, meskipun banyak mendukung tes (Bass 1990).
8)
Kritik lain menyangkut metodologi
mengukur gaya kepemimpinan melalui LPC inventarisasi dan sifat dari bukti-bukti
pendukung . Fiedler dan rekan-rekannya telah menyediakan dekade penelitian
untuk mendukung dan memperbaiki teori kontingensi.
Untuk Fiedler, stres adalah penentu utama efektivitas pemimpin (Fiedler dan
Garcia 1987; Fiedler et al. 1994), dan sebuah pembedaan dibuat antara stres
yang terkait dengan pemimpin atasan, dan stres yang berkaitan dengan bawahan
atau situasi itu sendiri. Dalam situasi stres, pemimpin diam di atas stres
hubungan dengan orang lain dan tidak dapat fokus kemampuan intelektual mereka
dalam pekerjaan. Dengan demikian, intelijen lebih efektif dan lebih sering
digunakan dalam situasi bebas stres. Fiedler telah menemukan bahwa pengalaman
merusak kinerja dalam kondisi stres rendah tetapi memberikan kontribusi untuk performa
di bawah kondisi stres tinggi. Seperti halnya dengan faktor-faktor situasional
lain, untuk situasi stres Fiedler merekomendasikan atau teknik mengubah situasi
kepemimpinan untuk memanfaatkan kekuatan pemimpin. Walaupun semua kritik, teori
kontingensi Fiedler ini merupakan teori penting karena membentuk suatu
perspektif baru untuk studi kepemimpinan. Banyak pendekatan setelah teori
fiedler telah mengadopsi perspektif kontingensi.
Fred Fiedler's situasional kontingensi teori menyatakan bahwa efektivitas
kelompok tergantung pada pertandingan yang tepat antara gaya pemimpin (mengukur
suatu sifat dasarnya) dan tuntutan situasi. Fiedler mengendalikan situasi
mempertimbangkan sejauh mana seorang pemimpin dapat menentukan apa yang
kelompok mereka akan lakukan untuk menjadi faktor kontingensi utama dalam
menentukan efektivitas perilaku pemimpin.
Lebih lanjut teori Fiedler berpendapat bahwa kebanyakan situasi akan memiliki
tiga aspek yang hirarkis struktur akan peran pemimpin. Aspek pertama atmosfer -
kepercayaan, dan kesetiaan kelompok merasa terhadap pemimpin. Variabel kedua
adalah ambiguitas atau kejelasan struktur tugas kelompok. Terakhir yang melekat
otoritas atau kekuasaan pemimpin memainkan peran penting dalam kinerja
kelompok.
Teori Keputusan Normatif, kadang-kadang disebut Teori Permainan, usaha untuk
model proses menuju keputusan bisnis yang optimal. Pengambilan keputusan
normatif jarang terjadi di dunia nyata, di mana rasionalitas sempurna tidak
sesuai dengan perilaku aktual. Pendekatan yang lebih deskriptif tentang
bagaimana orang benar-benar membuat keputusan yang dikenal sebagai Analisis
Keputusan. Teoretisi studi kerjasama dengan para pemimpin buruh, dan di antara
satu sama lain, dan seberapa dekat keputusan akhir berkorelasi dengan normatif
atau keputusan yang optimal.
5.
Path Goal
Teori
Sekarang ini salah satu pendekatan yang paling diyakini
adalah teori path-goal adalah suatu model kontijensi kepemimpinan yang
dikembangkan oleh Robert House, yang menyaring elemen-elemen dari penelitian
Ohio State tentang kepemimpinan pada inisiating structure dan consideration
serta teori pengharapan motivasi.
Dasar dari teori ini adalah bahwa merupakan tugas pemimpin
untuk membantu anggotanya dalam mencapai tujuan mereka dan untuk memberi arah
dan dukungan atau keduanya yang dibutuhkan untuk menjamin tujuan mereka sesuai
dengan tujuan kelompok atau organisasi secara keseluruhan. Istilah path-goal
ini datang dari keyakinan bahwa pemimpin yang efektif memperjelas jalur untuk
membantu anggotanya dari awal sampai ke pencapaian tujuan mereka, dan
menciptakan penelusuran disepanjang jalur yang lebih mudah dengan mengurangi
hambatan dan pitfalls (Robbins, 2002).
Menurut teori path-goal, suatu perilaku pemimpin dapat
diterima oleh bawahan pada tingkatan yang ditinjau oleh mereka sebagai sebuah
sumber kepuasan saat itu atau masa mendatang. Perilaku pemimpin akan memberikan
motivasi sepanjang, membuat bawahan merasa butuh kepuasan dalam pencapaian
kinerja yang efektif, dan menyediakan ajaran, arahan, dukungan dan penghargaan
yang diperlukan dalam kinerja efektif (Robins, 2002).
Untuk
pengujian pernyataan ini, Robert House mengenali empat perilaku pemimpin.
Pemimpin yang berkarakter directive-leader, supportive leader, participative
leader dan achievement-oriented leader. Berlawanan dengan pandangan Fiedler
tentang perilaku pemimpin, House berasumsi bahwa pemimpin itu bersifat
fleksibel. Teori path-goal mengimplikasikan bahwa pemimpin yang sama mampu
menjalankan beberapa atau keseluruhan perilaku yang bergantung pada situasi
(Robins, 2002).
Model
kepemimpinan path-goal berusaha meramalkan efektivitas kepemimpinan dalam
berbagai situasi. Menurut model ini, pemimpin menjadi efektif karena pengaruh
motivasi mereka yang positif, kemampuan untuk melaksanakan, dan kepuasan
pengikutnya. Teorinya disebut sebagai path-goal karena memfokuskan pada
bagaimana pimpinan mempengaruhi persepsi pengikutnya pada tujuan kerja, tujuan
pengembangan diri, dan jalan untuk menggapai tujuan.
Model
path-goal menjelaskan bagaimana seorang pimpinan dapat memudahkan bawahan
melaksanakan tugas dengan menunjukkan bagaimana prestasi mereka dapat digunakan
sebagai alat mencapai hasil yang mereka inginkan. Teori Pengharapan (Expectancy
Theory) menjelaskan bagaimana sikap dan perilaku individu dipengaruhi oleh
hubungan antara usaha dan prestasi (path-goal) dengan valensi dari hasil (goal
attractiveness). Individu akan memperoleh kepuasan dan produktif ketika melihat
adanya hubungan kuat antara usaha dan prestasi yang mereka lakukan dengan hasil
yang mereka capai dengan nilai tinggi. Model path-goal juga mengatakan bahwa
pimpinan yang paling efektif adalah mereka yang membantu bawahan mengikuti cara
untuk mencapai hasil yang bernilai tinggi.
Secara
mendasar, model ini menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh seorang pimpinan
untuk mempengaruhi persepsi bawahan tentang pekerjaan dan tujuan pribadi mereka
dan juga menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin untuk
memotivasi dan memberikan kepuasan kepada bawahannya. Model path-goal
menganjurkan bahwa kepemimpinan terdiri dari dua fungsi dasar:
1)
Fungsi Pertama; adalah memberi
kejelasan alur. Maksudnya, seorang pemimpin harus mampu membantu bawahannya
dalam memahami bagaimana cara kerja yang diperlukan di dalam menyelesaikan
tugasnya.
2)
Fungsi Kedua; adalah meningkatkan
jumlah hasil (reward) bawahannya dengan memberi dukungan dan perhatian terhadap
kebutuhan pribadi mereka.
Untuk membentuk fungsi-fungsi tersebut, pemimpin dapat mengambil berbagai gaya
kepemimpinan. Empat perbedaan gaya kepemimpinan dijelaskan dalam model
path-goal sebagai berikut (Koontz et al dalam Kajanto, 2003).
a.
Kepemimpinan pengarah (directive
leadership)
Pemimpinan
memberitahukan kepada bawahan apa yang diharapkan dari mereka, memberitahukan
jadwal kerja yang harus disesuaikan dan standar kerja, serta memberikan
bimbingan/arahan secara spesifik tentang cara-cara menyelesaikan tugas
tersebut, termasuk di dalamnya aspek perencanaan, organisasi, koordinasi dan
pengawasan.
b.
Kepemimpinan pendukung (supportive
leadership)
Pemimpin
bersifat ramah dan menunjukkan kepedulian akan kebutuhan bawahan. Ia juga
memperlakukan semua bawahan sama dan menunjukkan tentang keberadaan mereka,
status, dan kebutuhan-kebutuhan pribadi, sebagai usaha untuk mengembangkan
hubungan interpersonal yang menyenangkan di antara anggota kelompok.
Kepemimpinan pendukung (supportive) memberikan pengaruh yang besar terhadap
kinerja bawahan pada saat mereka sedang mengalami frustasi dan kekecewaan.
c.
Kepemimpinan partisipatif
(participative leadership)
Pemimpin partisipatif berkonsultasi dengan
bawahan dan menggunakan saran-saran dan ide mereka sebelum mengambil suatu
keputusan. Kepemimpinan partisipatif dapat meningkatkan motivasi kerja bawahan.
d.
Kepemimpinan berorientasi prestasi
(achievement-oriented leadership)
Gaya kepemimpinan dimana pemimpin
menetapkan tujuan yang menantang dan mengharapkan bawahan untuk berprestasi
semaksimal mungkin serta terus menerus mencari pengembangan prestasi dalam
proses pencapaian tujuan tersebut.
Dengan menggunakan salah satu dari empat gaya di atas, dan dengan
memperhitungkan faktor-faktor seperti yang diuraikan tersebut, seorang pemimpin
harus berusaha untuk mempengaruhi persepsi para karyawan atau bawahannya dan
mampu memberikan motivasi kepada mereka, dengan cara mengarahkan mereka pada
kejelasan tugas-tugasnya, pencapaian tujuan, kepuasan kerja dan pelaksanaan
kerja yang efektif.
Terdapat dua faktor situasional yang diidentifikasikan kedalam model teori
path-goal, yaitu: personal characteristic of subordinate and environmental
pressures and demmand (Gibson, 2003).
1)
Karakteristik Bawahan
Pada
faktor situasional ini, teori path-goal memberikan penilaian bahwa perilaku
pemimpin akan bisa diterima oleh bawahan jika para bawahan melihat perilaku
tersebut akan merupakan sumber yang segera bisa memberikan kepuasan atau
sebagai suatu instrumen bagi kepuasan-kepuasan masa depan. Karakteristik
bawahan mencakup tiga hal, yakni:
a.
Letak Kendali (Locus of Control)
Hal
ini berkaitan dengan keyakinan individu sehubungan dengan penentuan hasil.
Individu yang mempunyai letak kendali internal meyakini bahwa hasil (reward)
yang mereka peroleh didasarkan pada usaha yang mereka lakukan sendiri.
Sedangkan mereka yang cenderung letak kendali eksternal meyakini bahwa hasil
yang mereka peroleh dikendalikan oleh kekuatan di luar kontrol pribadi mereka.
Orang yang internal cenderung lebih menyukai gaya kepemimpinan yang
participative, sedangkan eksternal umumnya lebih menyenangi gaya kepemimpinan
directive.
b.
Kesediaan untuk Menerima Pengaruh
(Authoritarianism)
Kesediaan
orang untuk menerima pengaruh dari orang lain. Bawahan yang tingkat
authoritarianism yang tinggi cenderung merespon gaya kepemimpinan yang
directive, sedangkan bawahan yang tingkat authoritarianism rendah cenderung
memilih gaya kepemimpinan partisipatif.
c.
Kemampuan (Abilities)
Kemampuan
dan pengalaman bawahan akan mempengaruhi apakah mereka dapat bekerja lebih
berhasil dengan pemimpin yang berorientasi prestasi (achievement-oriented) yang
telah menentukan tantangan sasaran yang harus dicapai dan mengharapkan prestasi
yang tinggi, atau pemimpin yang supportive yang lebih suka memberi dorongan dan
mengarahkan mereka. Bawahan yang mempunyai kemampuan yang tinggi cenderung
memilih gaya kepemimpinan achievement oriented, sedangkan bawahan yang
mempunyai kemampuan rendah cenderung memilih pemimpin yang supportive.
2)
Karakteristik Lingkungan pada faktor
situasional ini path-goal menyatakan bahwa perilaku pemimpin akan menjadi
faktor motivasi terhadap para bawahan, jika:
a.
Perilaku tersebut akan memuaskan
kebutuhan bawahan sehingga akan memungkinkan tercapainya efektivitas dalam
pelaksanaan kerja.
b.
Perilaku tersebut merupakan
komplimen dari lingkungan para bawahan yang dapat berupa pemberian latihan,
dukungan dan penghargaan yang diperlukan untuk mengidentifikasikan pelaksanaan
kerja.
Karakteristik lingkungan terdiri
dari tiga hal, yaitu:
a.
Struktur Tugas
Struktur
kerja yang tinggi akan mengurangi kebutuhan kepemimpinan yang direktif.
b.
Wewenang Formal
Kepemimpinan
yang direktif akan lebih berhasil dibandingkan dengan participative bagi
organisasi dengan strktur wewenang formal yang tinggi
c.
Kelompok Kerja
Kelompok
kerja dengan tingkat kerjasama yang tinggi kurang membutuhkan kepemimpinan
supportive.
Daftar Pustaka
Munandar, Ashar Sunyoto. (2001). Psikologi
Industri dan Organisasi. Jakarta. Universitas Indonesia
Vroom, VH dan Yetton, PW. (1973). Kepemimpinan
dan pengambilan keputusan. Pittsburg: University of Pittsburg.
Yukl, G.
A., R. Lepsinger, and T. Lucia. 1992. Preliminary Report on the Development and
Validation of the Influence Behavior Questionnaire. in Impact of Leadership.
Eds. K. E. Clark.
Cholisin, M. Si
dkk. 2006. Dasar-dasarIlmuPolitik.
Yogyakarta : FISE UNY
Nursila Raisamatari
15512518
3PA03
Dosen: Pak Ade Wijaya
0 komentar:
Posting Komentar