Minggu, 01 Desember 2013

TULISAN 3

PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET
(POKOK BAHASAN 3)
PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTRAPERSONAL 1



    Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi mulai mencapai kejayaannya. Teknologi selalu berkembang pesat disemua kalangan manusia. Tujuan munculnya berbagai kecanggihan teknologi adalah untuk berkomunikasi. Komunikasi yang berkembang saat ini adalah dengan internet. Internet mencakup ruang lingkup intrapersonal dn interpersonal. Disini saya akan menjelaskan serta menghubungkan dengan fenomena yang ada didunia tentang internet.

Aspek Psikologi dari Individu Pengguna Internet
Banyak sekali terjadinya fenemona identitas diri melalui internet secara identitas nyata maupun identitas virtual yang memungkinkan individu mengubah sama sekali identitas nyatanya ke sebuah identitas lain yang sifatnya virtual dan karakteristik seseorang indvidu. Saat ini banyak sekali jejaring sosial yang bermuculan, seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lain-lain. 
Identitas palsu atau bisa disebut anonim untuk mendaftrakan diri / menjadi penguna aktif dari salah satu jaringan sosial. Antaralain faktor-faktor yang membuat seseorang mengunakan identitas palsu adalah untuk menutup jejak didunia maya, dan menjaga repotasi harga diri. Dimana seseorang ingin meluapkan emosinya didunia maya, tanpa diketahui oleh orang lain siapa dia sebenarnya. 
Salah satu contoh adalah kasus yang di buat oleh sebuah akun Twitter dengan nama akun @T********** 2000, dimana dia banyak mentweet tentang seorang politikus dan merusak nama baik orang yang bersangkutan, karena masalah ini orang yang memiliki akun dapat diancam dengan pasal 310 ayat (1). Namun dengan identitas palsu yang dia gunakan untuk membuat akun tersebut, polisi susah untuk melacak keberadaan sang pemiliki akun. 
Karakteristik seseorang akan telihat berbeda, ketika dia berada didunia nyata dengan saat dia berada di jejaring sosial. Saat didunia nyata mungkin dilihat karakternya sangat pendiam dan tidak mudah bergaul atau tidak asik untuk diajak berbicara, namun lain halnya saat didunia maya. Karakter dia menjadi anak yang mudah bergaul dan asik untuk diajak bebicara.

Aspek Demografis dari Individu Pengguna Internet 
Aspek demografis adalah aspek yang harus mempertimbangkan gender, usia, budaya dan SES ( Social – Economic – Status ) dalam interaksi individu dan internet. 
Secara kebuutuhan antara pria daan wanita pasti akan berbeda sekali, dimana pengguna internet bergender wanita akan lebih suka mencari informasi tentang fashion ataupun bersangkutan dengan wanita sedangkan pria akan cenderung mencari info tentang otomotif ataupun info-info tentang bola.
Diseluruh di dunia, terutama di Indonesia, usia muda adalah usia yang banyak menggunkana internet dan banyak menghabiskan waktu didunia maya dan bersosialisaisi dijejaring sosial seperti facebook, twitter ataupun jaringan sosial yang lain, beda dengan kakek-kakek maupun nenek-nenek. 
Pemasar yang ingin memasarkan barang produksi untuk kaula muda dapat memanfaatkan social media sebagai sarana promosi yang sangat ampuh. Contohnnya situs http://www.tokobagus.com/ yang dimana pemasar dapat mempromosikan barang produksinya disitu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

All About Psychology Template by Ipietoon Cute Blog Design